Kelebihan (Keuntungan) memakai Lampu LED (Light Emitting Diode)

kelebihan atau keuntungan memakai lampu led sebagai lampu penerang

Kelebihan dan Keuntungan memakai Lampu LED (Light Emitting Diode) – Seiring dengan semakin mahalnya biaya listrik dan semakin meningkatnya kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup, Lampu penerang yang terbuat dari LED menjadi semakin populer dan mulai menggantikan peranan Lampu penerang yang saat ini masih dijuluki sebagai Lampu “Energy Saving (Hemat Energi)” yakni Lampu Fluorescent atau CFL (Compact Fluorescent Lamp).  Terutama bagi Perusahaan-perusahaan yang memerlukan Penerangan hingga 24 Jam sehari, penghematan Listrik dengan menggantikan Lampu  TL (Tube Lamp) atau CFL (Compact Fluorescent Lamp) menjadi Lampu LED menjadi semakin penting dan mendesak (Urgent).

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diodes yaitu Komponen Elektronika yang terbuat dari Semikonduktor yang dapat menghantarkan arus listrik kesatu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. LED merupakan jenis Dioda yang dapat memancarkan cahaya saat dialiri arus listrik. Teknologi LED (Light Emitting Diodes) yang diperuntukan menjadi Lampu Penerang menjadi semakin matang dan berkembang serta menjadi salah satu pilihan terbaik dalam industri maupun rumah tangga dalam hal penghematan biaya listrik. Beberapa Produsen Lampu penerang (lighting) yang mulai giat mempromosikan dan memproduksi massal Lampu LED sebagai Lampu Penerang umum diantaranya adalah Philips, OSRAM, Panasonic dan Visalux.

Kelebihan LED sebagai Lampu Penerang

Untuk lebih jelas mengenai kelebihan atau keuntungan dalam pemakaian Lampu LED sebagai alat penerangan, berikut ini adalah 6 alasan utama mengapa kita dianjurkan untuk memakai Lampu LED (Light Emitting Diodes) serta perbandingannya dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp)  dan Lampu Pijar (Incandescent Lamp).

1. Umur Penggunaan yang lebih lama

Berdasarkan data dari Philips, Lampu LED dapat digunakan hingga 15.000 Jam, sedangkan Lampu CFL hanya dapat bertahan hingga 8.000 Jam. Berarti Lampu LED lebih awet 2 kali lipat dari Lampu CFL yang kita gunakan saat ini. Jika dibandingkan dengan Lampu Pijar, keawetan Lampu LED adalah 15 kali lebih baik dari Lampu Pijar yang hanya dapat digunakan hingga 1.000 Jam saja.

2. Hemat Listrik

Salah satu nilai Jual Lampu LED adalah kelebihannya dalam menghemat pemakaian Listrik. Sebuah Lampu LED 9 Watt dapat menggantikan Lampu CFL 12 Watt dengan hasil terang cahaya (Lumen) yang sama. Berarti Lampu LED lebih hemat listrik sekitar 25% dibanding dengan Lampu CFL. Jika dibandingkan dengan Lampu Pijar, maka Lampu LED lebih hemat sekitar 85% dari Lampu Pijar (Lampu Pijar memerlukan 60 Watt untuk menghasilkan terang cahaya yang sama yaitu 600 LM).

3. Ramah Lingkungan

Lampu LED tidak mengandung Merkuri yaitu bahan kimia yang dapat membahayakan Lingkungan hidup. Bahan-bahan pembuat Lampu LED terdiri dari bahan yang tidak berbahaya (non-toxic) dan dapat di daur ulang (Recycle).Di samping itu, daya tahan Lampu LED yang lama juga dapat menghemat sumber daya dalam memproduksinya.

4. Tidak Menimbulkan Panas dan Emisi UV (Ultraviolet)

Lampu LED tidak memproduksi Sinar UV (Ultraviolet) dan juga Energi Panas sehingga sangat cocok untuk menerangi lokasi yang meletakan produk ataupun bahan yang sensitif terhadap emisi UV seperti penerangan di Museum, situs Arkeologi dan Galeri kesenian.

5. Frekuensi Switching

Lampu LED dapat di ON-kandan OFF-kan sesering mungkin tanpa mempengaruhi umur penggunaannya sedangkan Lampu CFL akan cepat rusak jika sering di-ON-kan dan OFF-kan (Frekuensi Switching yang tinggi).

6. Waktu penyalaan yang cepat (Instan)

Lampu LED dapatmenyala (ON) dan mencapai titik terang maksimal dalam waktu yang sangat cepat. Hal ini sangat berbeda dengan Lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) yang memerlukan beberapa detik untuk mencapai titik terang yang maksimal. Dengan demikian, Lampu LED sangat cocok untuk digunakan sebagai lampu Signal ataupun Lampu lalu lintas.

Meskipun harga Lampu LED lebih tinggi dibandingkan dengan Lampu CFL, tetapi jika dibandingkan dengan kelebihan yang dapat diperoleh dari Lampu LED maka dapat disimpulkan bahwa pemakaian Lampu LED memang lebih diuntungkan baik dari segi Ekonomi maupun segi perlindungan Lingkungan Hidup. Sebagai Informasi pembanding, Harga sebuah Lampu LED 7 Watt saat ini adalah sekitar Rp. 48.000 sedangkan harga Lampu CFL 11 Watt adalah sekitar Rp. 36.000.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*